Wednesday, May 16, 2012

Salam di berbagai belahan dunia

Lain lubuk lain belalang, peribahasa tersebut juga tercermin dalam suatu kebudayaan negara-negara didunia. Selain bahasa dan warna kulit yang tentu saja berbeda disetiap negara, ternyata kebiasaan memberi salam ketika bertemu dengan sesama pun juga berbeda. 

1.Berjabat Tangan (Indonesia, Filipina, Malaysia, Australia, Inggris dan sebagian besar negara-negara didunia)

Sebagaian besar negara didunia menggunakan jabat tangan sebagai salam ketika bertemu dengan orang lain. Jabat tangan juga bisa dibilang the most salam in this world .Tapi jangan salah , meskipun sama-sama jabat tangan, mereka juga punya keunikan tersendiri saat berjabat tangan.

  • Filipina. Saat orang yang lebih muda bertemu dengan yang lebih tua, biasanya harus mencium punggung tangan orang yang lebih tua sebagai rasa hormat. Beberapa suku asli di Filipina mempunyai cara salaman yang sangat khas. Ketika selesai salaman mereka akan berbalik dan mundur beberapa langkah. Ini mengartikan memberikan penjelasan bahwa mereka tidak menyimpan pisau di punggung mereka. Mereka menganggap ini sebagai cara salaman yang paling benar dan tulus. (kalo ini diterapin di negara kita, pasti ada yang bilang,,, "ngapaiiinnn coba,kurang kerjaan aja").
  • Tingkok. Orang Tiongkok berjabat tangadengan genggaman ringan yang sedikit diayun. Biasanya juga berhubungan dengan merendahkan pandangan mata sebagai tanda penghormatan (kalau di negara kita mungkin yang diajak salama curiga ya,,,kenapa matanya jelalatan mandang kebawah,,,hehehehe)
  • Rusia. Kalau kita salaman dengan pria Rusia, mereka akan menjabat tangan kita dengan erat kemudian disertai pelukan dan ciuman di pipi. Jangan kaget! Itu memang tradisi mereka. Tapi, para wanitanya lebih tertutup, ciuman pipi hanya untuk sesama warga Rusia, untuk kita warga asing mereka hanya mau berjabat tangan dan berpelukan saja(hmmm,,,,,,senengnya salaman sama pria Rusia....jangan lupa pilih yg ganteng yuaaa)
  • Prancis. Di negara ini orang melakukan jabat tangan dengan satu gerakan mengayun yang cepat tanpa disertai gerakan lain.Karena, apapun mereka lakukan dengan cepat, waktu sangat penting bagi mereka (time is money lah,,,)
  • Negara-negara Amerika Latin. Jangan kaget bila anda ke Argentina, Brazil atau negara latin lainnya, saat berjabat tangan tangan anda akan digenggam erat ditambah pegangan dari tangan yang lain dan tak dilepaskan dalam waktu cukup lama. Ini adalah bentuk kehangatan dan keramahan mereka. Nikmati saja dan jangan menarik terlalu cepat karena akan dianggap penolakan dan sikap arogan. (kalau di Indonesia jabat tangan digenggam erat dan lama hanya untuk orang yang kita suka,,,,,;-)
2. Menjulurkan lidah
Menjulurkan lidah sebenarnya adalah hal yang tidak wajar di Indonesia, namun, lain halnya dengan di Tibet. Di tibet , Menjulurkan lidah adalah hal Sopan. Sejarahnya dulu pernah ada seorang raja kejam di Tibet bernama Lang Darma yang memiliki lidah hitam. Orang Tibet percaya bahwa raja ini akan bereinkarnasi. Oleh karena itu, mereka saling menyapa dengan menjulurkan lidah mereka, untuk membuktikan bahwa mereka bukan raja jahat yang bereinkarnasi. Tradisi ini sudah berlangsung selama berabad-abad.

(kalau di Indonesia biasanya menjulurkan lidah dilakukan anak-anak kecil yang sedang bertemu dengan orang gila,,,,,)


3.Mencakupkan kedua tangan – Salam di Nepal, India, Thailand dan Bali
Di Nepal dan India, orang memberi salam dengan mencangkupkan kedua tangan dan mengucapkan kata “namaste”. Praktek salam ini hampir sama dengan yang dilakukan di Bali namun disini sambil mengucapkan kalimat salam “om swastyastu” kepada yang disapa. Di Thailand sendiri salam seperti ini disebut dengan “wai”. Sambil mencangkupkan tangan di dada si pemberi salam akan membungkukkan sedikit tubuh sebagai tanda penghormatan.

(hmmm,,,,,gak asing lah, nothing special)


4.Menggesekkan Hidung.
Dari sekian banyak tradisi salam dari negara, gaya sapa paling terkenal tentu saja berasal dari Alaska. Di Alaska tradisi salam dikenal dengan 'Eskimo Kissing'. Gaya sapa penduduk yang berdomisili di Siberia Timur dan Alaska ini diambil dari tradisi suku Inult yang disebut Kunik. Cara melakukannya dengan saling menggesekkan ujung hidung dengan lawan bicara. Filosofi dari Kunik ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa sayang di antara anggota keluarga atau yang dicintai. 

(wahhh,,,,,,,,no comment lah kalau yang ini,,,,)



5. Membungkuk – Salam di Jepang dan Korea
Jika dilihat sekilas, Jepang dan Korea adalah negara yang paling sopan penduduknya. Kenapa? Karena mereka paling sering membungkuk. (bahkan kalau nonton drama korea kita sering dibuat heran kenapa mereka membungkuk berkali kali pada suatu hal yang gak puenting). Entah itu meminta maaf, berkenalan, bertamu di rumah orang, mengatakan permisi, bahkan sampe berbicara di telepon pun orang jepang sampe membungkuk sedikit (??????). Membungkuk adalah sebuah keharusan. Tradisi yang sudah harus diajarkan kepada anak-anak sejak balita.

 (wah patut dicontoh kalau yang ini........setuju deh) .


Nah begitulah dunia ini, memeliki tradisi unik yang tercipta. Sebenarnya masih ada beberapa tradisi memberi salam yang belum saya post di blog ini. Sementara sampai disini dulu ya,,,,,,,,,semoga bermanfaat.





Source ; http://unixlifes.blogspot.com 
              http://www.jepang.net
              maemiayabito.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya