Monday, June 11, 2012

Wow karena KPOP, Korea Selatan Raup Devisa Negara Hingga 35 T

Pemerintah Korea rupanya menyadari pentingnya budaya sebagai komoditas ekspor yang diunggulkan. Terbukti saat ini sudah mendunia yang namanya Hallyu atau Korean Wave, sebuah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Hallyu memicu banyak orang-orang di negara tersebut untuk mempelajari Bahasa Korea dan Budaya Korea.

Tahukah anda dari ekspor budaya KPOP negeri Gingseng ini bisa meraup devisa negara hingga 35 Trilyun. Wow nilai yang sangat fantastis bagi sebuah negara. 

Di akhir 90-an, Pemerintah Korea melaksanakan kebijakan dan membuat organisasi yang mendukung ekspor dan penyebaran budaya pop. Serta menjadikan perluasan kebudayaan dan perekonomian sebagai tujuan nasional. Bahkan di masa Hallyu mulai muncul, Presiden Korea, Kim Dae Jung menyatakan, tujuan pemerintahannya adalah meningkatkan ekspor budaya Korea bukan hanya industri manufuktur.

Hal ini mendapat respons positif dari seluruh masyarakat maka tak heran semakin lama mereka semakin kompak mendukung terbentuk dan tersebarnya Hallyu di seluruh dunia...wahhh...pemerintah dan rakyat kompakkk!!!! inilah kunci keberhasilan suatu negara...

Wabah dari hallyu atau korean wave ini kemudian berdampak pada pariwisata Lokasi syuting drama korea yang terkenal menjadi obyek pariwisata yang digemari para turis untuk dikunjungi. Tentu dengan semakin banyak turis yang mendatangi korea selain berimplikasi terhadap bertambahnya devisa negara juga dapat sekaligus lebih mendekatkan secara emosional antara korea dengan turis.

yahhh jadinya akan lebih banyak orang yang merasa dekat dengan negara korea dan pelan-pelan akan memunculkan rasa sense of belonging....saya bangggeeettt

Hingga saat ini Pemerintah Korea tergolong sukses mengandalkan fenomena Hallyu sebagai penarik devisa negara. Antara lain dengan mencanangkan tahun wisata Korea. Di dalamnya terdapat paket wisata drama Korea terkenal yakni Winter Sonata dan Endless Love. Di sini para penggila Korea bisa mengunjungi lokasi syuting dan rumah idolanya.

Tak heran, Korea Selatan pun meraup miliaran won dari fenomena Hallyu yang kini mendunia....

banyak hal dari Korea yang perlu dicontoh oleh rakyat dunia....hmmmm salut buat negara Korea.... tentunya kebanggan tersendiri jika dimasa depan ada Indonesian Wave  :)





 source : http://www.merdeka.com
              http://id.wikipedia.org/wiki/Hallyu

3 comments:

  1. wah harus berterimakasih dong ya sama artis K-pop, pantes aja tuh SUJU merupakan Boy band terkaya hehhe.. gosip..gosipnya. yang suka wisata Korea jga bisa lihat kok info wisata korea yang indah banget gabung aja di Korea Tourism Organization Indonesia

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya