Thursday, June 14, 2012

Budaya Unik Membungkuk Korea Dan Jepang


Kalau kita melihat konser KPOP, kita pasti sudah tidak heran kenapa setiap selesai menyanyi mereka selalu membungkuk, kalau dari negara lain mungkin yang dilakukan adalah melambaikan tangan. Bahasa tubuh orang Korea dan Jepang untuk mengungkapkan penghormatan memang unik. Mereka biasa membungkukkan tubuhnya untuk sebagai ungkapan rasa hormat, permohonan maaf, beribadah dan juga kasih sayang.
Gerakan tersebut bisa dilakukan dengan kemiringan tertentu, dan kadang dilakukkan dengan berulang-ulang. Di Korea dan Jepang, membungkuk sama dengan salam, yang berarti mengucapkan salam dan selamat tinggal. Jadi tiada hari tanpa membungkuk :-)


Cara membungkukkan badan yang tepat merupakan bagian dari etika pergaulan yang penting di Korea dan Jepang. Di kedua negara ini, semakin dalam orang membungkuk dan semakin lama dia membungkuk berarti seakan dia menunjukkan penghormatan yang besar atau penyesalan yang dalam.

Dengan membungkuk penuh seperti yang dilakukan Super Junior ketika di Red Carpet MBC GayoDaejoon. Membuat mereka menuai banyak pujian, karena ini melambangkan penghormatan yang besar sehingga mereka dianggap orang yang rendah hati. Media Korea mengabarkan bahwa meskipun status mereka sebagai superstar, Super junior tidak segan untuk membungkuk di Red Carpet dan berharap setiap orang akan berbahagia di tahun baru .

Karena berapa derajat membungkuk memiliki arti yang berbeda, maka kesalahan membungkuk juga bisa berakibat fatal. Dengan hanya membungkuk sedikit dan sesaat artinya sudah beda lho. Kalau seperti itu sikap yang ditunjukkan adalah seperti seseorang yang menjadi sasaran kemarahan atasan. Sedangkan membungkukkan bahu dan langsung pergi menunjukkan isyarat seperti anak kecil yang baru dimarahi. :-)
Sementara sikap membungkuk berkali-kali sampai ke pinggang disertai permohonan maaf terjadi dalam keadaan ekstrim seperti montir yang merusak mobil konsumen tetapi masih meminta bayaran besar...hehehehehe :-)
Seni membungkuk juga pernah jadi berita besar ketika Presiden Toyota Akio Toyoda meminta maaf ketika perusahan otomotif Toyota melakukan penarikan mobil-mobilnya. Dalam keterangan yang diambil dari BBC indonesia, hal ini jadi heboh karena presiden Toyota Akio Toyoda meminta maaf dengan membungkuk sedikit seperti halnya kalau orang Jepang bertemu tetangga secara tidak sengaja di depan rumah. Media Jepang yang biasanya sopan, secara blak-blakan mengatakan sikap Toyoda itu tidak memadai.  :-(

Di Korea dan Jepang, memberikan sesuatu ataupun bersalaman juga selalu disertai dengan membungkuk.  Bahkan perempuan Korea biasanya tidak menawarkan untuk berjabat tangan pertama, bahkan dalam situasi bisnis. Ada beberapa perempuan yang bahkan menolak ketika seorang pria menawarkan berjabat tangan. Tetapi secara umum membungkukkan badan di Jepang dan Korea merupakan isyarat tubuh yang berulang kali dilakukan bahkan tanpa sadar dalam interaksi dengan semua orang.

Dalam peraturannya kebiasaan membungkuk di di Korea dan Jepang umumnya terbagi dalan 3 jenis: informal, formal, dan sangat formal. Ketiganya dapat dibedakan dari sudut bungkuknya. Untuk informal sekitar 15 derajat, formal sekitar 30 derajat, dan sangat formal hingga 90 derajat atau lebih, hingga dahi menyentuh tanah. Membungkuk untuk pria biasanya sambil menekan pantat untuk menjaga keseimbangan, sedangkan wanita biasanya menaruh kedua tangan di depan badan.

Seiring perkembangan zaman, khsusnya Hallyu telah terjadi sebuah pembauran kebudayaan antara Barat dan Timur. Orang barat lebih sering berjabat tangan saat bertemu. Orang timur cenderung membungkuk. Pembauran budaya ini menghasilkan sebuah salam yang disebut bow and handshake. Contoh yang paling nyata adalah saat Presiden Obama mengunjungi Kaisar Jepang. Tapi, dengan berkembangnya pengetahuan orang barat mengenai kebiasaan membungkuk di Timur, maka sekarang orang Barat cenderung membungkuk.
Inilah perpaduan budaya memang baik, namun jangan sampai salah sasaran ya....menurut para media Jepang yang dilakukan Presiden Brack Obama itu tidak tepat, terlalu menyembah (atau mungkin karena posturnya ya. hmmm.....membungkuk juga perlu belajar lho...



source : http://www.bbc.co.uk
             http://koreanindo.net
             https://gomawoyo.wordpress.com
             http://zukapersona.wordpress.com


1 comment:

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya