Saturday, June 9, 2012

Garden By The Bay, Taman Pohon Ajaib Di Singapura

Singapura tak pernah berhenti membangun. Marina Bay yang cantik dan sukses mendatangkan wisatawan dari berbagai belahan dunia pun terus dipermak. Pada 29 Juni 2012, objek wisata diselatan singapura itu akan memiliki surga ekowisata Gardens By The Bay, taman yang akan dihiasi oleh pohon ajaib Supertree.


Pohon-pohon super yang tingginya berfariasi antara 25 meter dan 50 meter itu tak sekedar menjadi hiasan. Setiap pohon memiliki fungsi unik yang mendukung program ramah lingkungan dikawasan tersebut.  

wah...ini nih yang ajaib....

Hutan buatan manusia ini memiliki 18 supertree yang berfungsi sebagai taman vertikal, pembangkit tenaga surya, ventilasi udara dan tandon air. Sebelas supertree yang berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga surya memiliki sistem fotovoltaik itu akan mengubah sinar matahari menjadi energi.

Nantinya pengunjung bisa menikmati panorama sekitar taman melalui jembatan udara yang disebut Skyway OCBC. Tinggi jembatan udara itu adalah sekitar 22 meter dari atas tanah, dan terhubung dengan Supertrees yang menjulang ke langit mencapai 42 meter.

Acara pembukaan hutan buatan ini rencananya akan menampilkan dua daya tarik utama, cahaya dramatis OCBC dan irama alam. Garden By The Bay akan dibuka secara resmi tanggal 2 Juli 2012 dengan tampilan lengkap termasuk efek khusu multimedia, namun sudah mulai boleh dikunjungi pada tanggal 29 Juni.

Setiap supertree dihiasi dengan tanaman dan bung-bunga tropis. Berbagai tumbuhan tropis dan paku-pakuan juga bakal menghiasi kerangka baja pohon buatan tersebut. Selain dirambati tumbuhan hijau supertree ini ramah lingkungan karena menggunakan tenaga matahari. Energi itu dipakai untuk menyalakan lampu warna warni dipohon raksasa tersebut ketika malam. Biaya untuk membangun taman ini mencapai 1 juta miliar dolar Singapura.

 hmmm.......make me wanna go there...!!!!!.....



source : http://jejakmenarik.blogspot.com
             http://dawnling.blogspot.com
             http://www.wisatasingapura.sg

2 comments:

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya