Saturday, May 19, 2012

Perayaan Musim Tanam Warga Thailand


Hai guys.....tau gak kalau ternyata perayaan musim tanam gak hanya dirayakan oleh orang Indonesia khusunya warga Jawa dengan upacara tertentu seperti selamatan , ternyata di negara Thailand juga ada perayaan semacam itu tepatnya tradisi merayakan awal musim hujan sekaligus musim tanam padi.
Sejumlah orang mengikuti kompetisi roket yang dinyalakan dan berhasil meluncur di udara. Festival ini dikenal dengan Bun Bangfai dan diadakan sebelum para petani di negeri Thailand hendak menanam padi.

Pembuatan roket yang dulu hanya dengan cata tradisional kini sudah dengan beberapa kilo bubuk mesiu. Pada hari festival, roket diarak ke lokasi peluncuran. Penduduk desa berpakaian kostum tradisional yang berwarna-warni, bermain, saling menggoda dan menari, dalam mengiringi prosesi. 

Roket yang mencapai ketinggian terbesar dinyatakan sebagai pemenang dan akan mendapatkan hadiah yang sudah disiapkan panitia. Para pemilik roket yang meledak atau gagal lepas landas terpaksa diceburkan di lumpur, tapi itu pun tidak akan menghentikan mereka dalam menikmati perayaan Bun Bangfai ini.



Acara ini selain dikenal dengan festival roketnya, juga dikenal dengan acara mandi lumpur nya.....
hmmm.......seru ya...... make me wanna go there,,,,,,,,,,




source ; jawa pos,senin 14 mei 2012
             http://www.cnngo.com

1 comment:

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya