Monday, June 25, 2012

Uniknya Danau Polkadot

Nama danau ini sebenarnya Adalah Danau Kliluk. Danau dengan pemandangan unik ini berada di Kota Osoyoos, Canada. Biasanya disebut dengan Spotted Lake atau Danau Polkadot yang berhasil menarik banyak perhatian pengunjung dari seluruh dunia. 

Mengapa disebut dana polkadot ? 
karena permukaan danau ini menimbulkan corak yang tidak wajar, yaitu bintik-bintik seperti polkadot. Danau ini memiliki kandungan mineral tinggi dari berbagai jenis mineral seperti magnesium sulfat, natrium sulfat, kalsium, 8 mineral lainnya serta empat unsur lain seperti perak dan titanium dengan dosis kecil.



Jika dilihat lebih dekat, bintik-bintik ini terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan. Garam-garam ini pun menumpuk dan membentuk suatu lingkaran, dengan air danau yang terlihat di bagian tengah lingkarannya.

Selama musim panas air di danau ini menguap dan membentuk "spot" mineral. Setiap spot yang terbentuk akan memunculkan warna putih, kuning pucat, hijau atau biru, tergantung pada komposisi mineral yang tersisa. Kubangan - kubangan yang mengandung magnesium sulfat akan mengkristal dan mengeras secara alami di musim tersebut.

Mineral dari danau ini dulu pernah dipanen ke pabrik-pabrik amunisi di Kanada timur untuk pembuatan amunisi. Danau ini adalah situs suci penduduk asli Lembah Okanagan. Kualitas air dari danau tersebut dianggap dapat digunakan sebagai terapi. Indian asli menggunakan lumpur dan air danau untuk menyembuhkan banyak penyakit.

Melihat keunikan ini, Danau Kliluk pun mulai dipadati pengunjung yang penasaran ingin melihat langsung, dan menjadi atraksi menarik bagi wisatawan. Tidak hanya, ternyata turis yang datang juga ada yang membawa tujuan tertentu.Salah satu tujuan itu adalah ingin mengambil air danau, dan digunakan untuk pengobatan kulit.
Sayangnya, Danau Kliluk kini sudah dipagar. Wisatawan tidak bisa masuk ke lokasi dengan bebas. Ini untuk menjaga danau agar tidak rusak.






source : http://www.duniaproduk.com
             http://www.detik.com

1 comment:

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya