Wednesday, August 15, 2012

Tips Penting ! Semangat Ngantor Pasca Lebaran


Setelah liburan panjang yang biasa disebut libur hari raya, biasanya bikin orang jetleg alias super duper males untuk kembali ke tempat duduk yang biasanya ditemani komputer, berkas2 (apalagi kalau berantakan...hehe) dan ac didalam ruangan yang senantiasa menghembuskan udara ngantuk. 

Menurut Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, FKUI-RSCM, hal itu tergantung dari motivasi dan tanggung jawab kerja masing-masing orang. Bila tanggung jawab kerja yang dimilikinya sangat besar, maka kemungkinan untuk memulai aktivitas usai libur lebaran pasti juga besar.



Liburan berakhir, artinya sudah saatnya Anda kembali ke dunia nyata. Anda harus segera memadamkan semangat liburan, ganti dengan semangat bekerja setelah mengisi ulang baterei tubuh.

Jika Anda berhasil melakukannya, Anda akan terhindar dari masalah-masalah pekerjaan seperti melewatkan janji penting dengan rekan kerja, pekerjaan yang ditunda, dan konsentrasi yang lemah. Manfaat dari liburan seharusnya membuat Anda kembali bersemangat dan berenergi, jadi daripada Anda menghindari pekerjaan kantor, hadapilah dengan semangat baru dan nikmati perbedaannya.




Ada beberapa tips terapi yang bisa kita coba agar jetleg tidak menimpa kehidupan kita pasca lebaran.

1. Tersenyum.
Hiasi wajah kita dengan senyuman (meskipun sedikit mekso..hehehe) dari awal bangun tidur, hingga sampai kantor. Senyuman yang hangat membuat suasana hati kita bahagia. Dan hati bahagia menandakan kita telah siap kembali kerja.

2. Bersihkan Meja Kerja
Meja kerja sepertinya butuh perhatian. File menumpuk di atas meja. Beri waktu 15 menit untuk membereskan ‘kekacauan’ ini. Menyortir tumpukan file dan membuang barang-barang yang tidak perlu ke tong sampah. Hari pertama kerja, Anda tentu ingin bekerja di tempat yang bersih dan nyaman.

3. Ganti Start Kerja
Mau mengubah rutinitas? Sekarang saat yang tepat untuk membuat variasi. Contoh kecil, ambilah jalan lain menuju kantor. Apa lagi? Kalau biasanya Anda datang langsung membuka computer, kini cobalah kegiatan baru. Misalnya, baca Koran, membersihkan file, membuat jadwal atau menghubungi klien.

4. Mulai Dengan Yang Mudah
Belakangan ini otak Anda mungkin tidak terlalu banyak beban, sehingga butuh waktu agar otak kembali tune in. Jangan memaksakan diri mengerjakan tugas-tugas yang memeras otak. Anda pasti bakal bĂȘte kalau Anda kesulitan mengerjakan tugas tersebut. Kerjakan saja dulu tugas yang enteng-enteng agar otak Anda tidak kaget, misalnya menghubungi klien, membalas email dan sebagainya. Kalau sudah on, baru Anda melangkah ke tugas yang lebih sulit.

5. Buka Agenda
Berikutnya, buka agenda Anda. Apakah di sana tercatat pekerjaan-pekerjaan yang belum Anda selesaikan? Kalau iya, buatlah jadwal pekerjaan apa saja yang lebih dulu Anda kerjakan. Buatlah daftar prioritas, dari yang paling penting, hingga kurang penting. Kalau bingung menentukan pilihan, kerjakan lebih dulu pekerjaan yang paling dikejar-kejar si bos.

6. Take A Break
Berhasil mengerjakan satu tugas? Beristirahatlah sekitar 15 menit. Manjakan diri Anda setiap kali selesai mengerjakan tugas, atau jika melewati satu masa kerja tertentu, misalnya berisitrahatlah dengan maksimal waktu istirahat makan siang.

7. Buat Motivasi Pribadi
Masih juga terasa jetleg dan merasa malas ke kantor? Buat pemacu semangat untuk berangkat ke kantor bagi diri Anda sendiri, misalnya: 1)Datang ke kantor dengan penampilan terbaru. 2) Berpikir bahwa esok hari harus berhasil menggaet klien kakap dan meraup keuntungan besar. 3) Janji kepada bos untuk menyelesaikan deadline pasca lebaran. 3) Lagi musim promosi, siapa tahu Anda yang terpilih, dan sebagainya.

               http://health.detik.com
               http://iniopiniku.com

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah meluangkan waktu mengunjungi blog saya